Friday, June 15, 2012

Cara Memasang Chat box di WordPress


Fasilitas chat pada website dapat meningkatkan interaktivitas antara webmaster dengan pengunjung maupun antarpengunjung. Sebagai pemilik website, Anda akan mendapatkan masukan yang cepat dari para pengunjung dengan fasilitas ini. Untungnya tidaklah sulit memasang fasilitas chat di sidebar WordPress seperti gambar di bawah ini. Berikut caranya langkah demi langkah.
Shoutmix untuk WordPress

Banyak aplikasi chat yang dapat dipasang di sidebar WordPress, salah satunya adalah ShoutMix. ShoutMix versi Basic adalah gratis dan sudah lumayan memadahi. Versi Premium menarik bayaran $2 per bulan. Beberapa keterbatasan versi Basic antara lain panjang posting cuma 150 karakter (Premium 300 karakter); jumlah post per jam 60 posting (Premium tak terbatas), refresh rate 1x per menit (Premium 10x/menit); tak terproteksi (Premium terproteksi password); dan beberapa lainnya.
Pertama arahkan browser Anda ke website ShoutMix.com. Klik tombol [create shoutbox].
Klik tombol [create shoutbox]
Ketikkan ID, password, nama, dan email Anda. Klik [Continue]. Tetapi sebelum melanjutkan, pastikan browser Anda menerima cookie. Pesan error akan muncul bila browser memblok cookie.
Pasang chat di WordPress
Bila telah berhasil regristrasi, maka akan muncul layar setting. Setting pertama yang perlu Anda lakukan adalah [Date & Time]. Klik pilihan itu pada menu [Display].
Setting dahulu
Pilih Timezone tempat Anda, misalnya [Asia/Jakarta]. Dan juga tentukan format tampilan tanggal. Setelah itu klik [Save settings].
Chat di WordPress
Pilih lokasi dan format tanggal
Sekarang klik skrip pada kotak Embed codes. Kemudian tekan tombol Ctrl-C pada keyboard. Selanjutnya bubuhkan (paste) skrip tersebut pada widget teks di WordPress.
Pasang kode di text widget di WordPress
Copy dan paste di text widget WordPress
Bila ukuran kotak ShoutMix tidak sesuai, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan ukuran sidebar di website WordPress Anda. Untuk itu klik [ Customize size...].
Pasang chat di WordPress
Sesuaikan ukurannya dengan sidebar
Penyesuaian ukuran juga dapat dilaksanakan langsung di skrip dengan mengubah angka Width untuk lebar dan Height untuk tinggi.
Setelah skrip berada di widget teks, maka kini telah terpampang fasilitas chat Shoutmix di sidebar WordPress Anda. Anda dapat mencoba mengisinya untuk mengundang pengunjung berkomentar.
Selamat mencoba! Salam sukses buat sobat semua.."

2 comments: