Sunday, June 24, 2012

KHASIAT BUAH LECI


Bismillahirrahmanirrahim...


Penyakit Jantung kerap dianggap sebagai silent killer dan masih menempati peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia, karena banyak orang terlambat menyadari gejala penyakit yang satu ini sehingga terlambat pula dalam melakukan tindakan pencegahan. 

Penyakit Jantung pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat,pengapuran dan pembekuan darah. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan akibat yang cukup serius sampai menyebabkan kematian mendadak. Karenanya penting melakukan kontrol dalam hal asupan makanan.

David Grotto, penulis buku '101 Foods That Could Save Your Live' merekomendasikan agar kita banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung polifenol untuk melindungi kesehatan jantung.  Menurut David Grotto 'Sifat anti oksidan dari polifenol mengurangi resiko penyakit jantung dan pengapuran serta pembekuan di dalam pembuluh darah.  Polifenol berperan sebagai benteng pertahanan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit dan kerusakan sel'

Sejumlah studi menyebutkan bahwa Anggur Merah adalah sebagai buah dengan kandungan polifenolterbaik, namun studi terbaru di Perancis mengungkap bahwa Buah Leci memiliki kandungan polifenol 15 persen lebih tinggi di banding dengan Anggur Merah.

Buah leci merupakan buah subtropis yang berasal dari China Selatan berkulit luar warna merah dan selalu dipuji sebagai "raja buah-buahan", sering digunakan dalam hidangan Asia, baik dalam kondisi segar atau berbentuk kalengan. Buah leci selain mengandung polifenol juga mengandung vitamin C dengan kadar 71,5 mg per 100 gram daging buah serta potasium yang cukup tinggi.

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas,penyebab penuaan dini, dan berbagai penyakit kanker.  Dalam sejarah pengobatan, buah leci dipercaya dapat mengobati batuk serta memiliki efek yang menguntungkan untuk menyembuhkan gastralgiatumor, dan pembesaran kelenjar.  Telah dilaporkan bahwa pemberian leci segar di Florida, dapat menyembuhkanluka lambung, sehingga penderita yang sebelumnya merasa terganggu dapat kembali menikmati makanan dengan enak, penyebab pasti dari hal tersebut belum diketahui secara ilmiah.

Kandungan polifenol alami dalam buah leci yang cukup tinggi memiliki efek kardioproteksi, menghambatagregasi trombosit, serta memiliki efek vasorelaksasi, juga melindungi sel endotel pembuluh darah daristress oksidatif, tidak hanya sebagai pelindung jantung dan pembuluh darah, kandungan polifenol yang tinggi juga mencegah kerusakan jaringan sel tubuh akibat kanker.  Studi Sichuan University di Cina menemukan peran buah leci dalam mencegah pembentukan jaringan sel kanker panyudra.  Baca juga artikel Khasiat Buah Sirsak dalam mencegah penyakit kanker

Akhirnya.. semoga artikel ini bermanfaat, sesungguhnya masih banyak khasiat yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan disekitar kita yang belum terungkap, semua ini dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita umat manusia, maka perbanyaklah mengucap syukur dan ucapkanlah Alhamdulillah...

0 comments:

Post a Comment